Kapur Sirih

Perjuangan harus di awali dengan niat yang baik...Keberhasilan akan diperoleh jika niat yang tulus... Niat tulus akan tercipta ketika semua komponen ikut mendukung.. Dukungan akan tercipta ketika kita saling memahaminya...

PENGANTAR

Menulis bagi yang belum terbiasa merupakan pekerjaan yang amat sulit untuk dikerjakan. Banyak ide-ide yang bermunculan dalam otak, namun sulit untuk dituangkan dalam bentuk tulisan. Melalui Blog ini penulis mencoba berlatih menulis sedikit demi sedikit menuangkan apa yang ada dalam pikiran walau dalam bentuk tulisannya jauh dari kesempurnaan.
Untuk itu apabila dalam hal pengutipan kalimat, jika ada kalimat atas hak cipta orang lain yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah bloger mohon maaf bukan maksud untuk mengakuinya tetapi sebagai tambahan keterangan tulisan saja. Agar tidak terlalu panjang berbasa-basi mari kita mulai menulis.

Jumat, 18 Juli 2014

KEUNTUNGAN MENULIS

menuliskreatif.com 
    Menulis merupakan tindakan mulia sebagai dasar kehidupan masa datang, kenapa demikia? Menulis merupakan kegiatan menyimpan sesuatu informasi dalam bentuk goresan tinta dalam sebuah kertas, Namun untuk sekarang ini, dengan kehadiran fasilitas elektronik dapat dimanfaatkan sebagai media penyimpanan "harta karun" tersebut. Kegiatan menulis merupakan persiapan seseorang untuk memberikan warisan yang bermanfaat untuk generasi berikutnya. Mengutip dari perkataan Sayidina Ali ra. bahwa "Ikatlah ilmu dengan tulisan" ini mengandung makna bahwa sejarah dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah sampai kepada generasi berikutnya tanpa ada tulisan, Nah untuk itu tuliskanlah apa-apa yang kita ketahui. Kata demi kata keluar dari otak yang kemudian disalurkan melalui gerakan tangan yang kemudian jatuhlah pada media tulis. Menulis memberikan banyak keuntungan sebagai bahan kajian saya mencoba mengutip dari blogger lain dengan alamat http://ilmugreen.blogspot.com/ menjelaskan tentang keuntungan menulis sebagai berikut. Menurut Akhadiah dkk. (1988: 1-2), menulis mempunyai manfaat sebagai berikut.
  • Dengan menulis kita dapat lebih mengenali kemampuan dan potensi diri kita. Kita mengetahui sampai di mana pengetahuan kita tentang suatu topik. Untuk mengembangkan topik itu kita terpaksa berpikir, menggali pengetahuan dan pengalaman yang kadang tersimpan di alam bawah sadar. 
  • Melalui kegiatan menulis kita dapat mengembangkan berbagai gagasan. Kita terpaksa bernalar: menghubung-hubungkan serta membandingkan fakta-fakta yang mungkin tidak pernah kita lakukan jika kita tidak menulis. 
  • Kegiatan menulis memaksa kita lebih banyak menyerap, mencari, serta menguasai informasi sehubungan dengan topik yang kita tulis. Dengan demikian kegiatan menulis memperluas wawasan baik secara teoretis maupun mengenai fakta-fakta yang berhubungan. 
  • Menulis berarti mengorganisasikan gagasan secara sistematik serta mengungkapkannya secara tersurat. Dengan demikian, kita dapat menjelaskan permasalahan yang semula masih samar bagi diri kita sendiri. 
  • Melalui tulisan kita akan dapat meninjau serta menilai gagasan kita sendiri secara lebih objektif. 
  • Dengan menuliskan di atas kertas kita akan lebih mdah memecahkan permasalahan, yaitu dengan menganalisisnya secara tersurat, dalam konteks yang lebih konkret.  
    Itulah sebagian keuntungan dari banyak keuntungan menulis, namun ada hal lain yang menjadi keuntungan dalam menulis yaitu kita bisa memberikan amal yang sangat berharga bagi diri kita, mungkin saja dengan ilmu yang kita tulis dalam media memberikan berkah bagi orang lain. Keberkahan itulah yang menyelamatkan kita dari hal - hal merugikan, maka dari itu mari kita menulis, walau hanya beberapa kalimat atau beberapa paragraf. Kita tahu dengan pribahasa bahwa sedikit-demi sedikit lama-lama akan jadi bukit. Pribahasa ini tidak hanya berlaku dalam urusan uang, tetapi dalam menulispun akan seperti itu. Mari kita menulis.